Custom Search

Jembangan Wisata Alam

Sugeng ayehwene kanggo kanca-kanca keparat,keparaters seluruh dunia dan seluruh pembaca web/blog Keparat. Sebagai anggota keparat saya ingin berpartisipasi salah satunya sharing tentang tempat wisata yaitu Jembangan Wisata Alam atau lebih disingkat dengan JWA,berlokasi di desa Jembangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen.Saya pribadi lahir di desa tegalrejo atau pencil jarak dari JWA sangat dekat sehingga saya sangat memahami situasi dan kondisi daerah tersebut dan juga JWA adalah daerah kelahiran Ketua Keparat Korwil Jambi. JWA tempat yang sangat tepat untuk hiburan keluarga yang bersifat santai jauh dari keramaian kota dan juga sangat bernuansa alam terbuka Kawasan JWA merupakan Kecamatan yang terletak pada dataran tinggi. Prasarana menuju lokasi kawasan wisata ini sudah sangat mendukung, yaitu jalan mulus beraspal hitam mengkilap, jalan berkelok-kelok mengikuti topografi yang ada.

Di dalam kawasan JWA ini
terdapat tiga site utama yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu Telaga hijau yang bersisian dengan hutan yang masih alami, Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung.
Untuk berkeliling menikmati telaga Jembangan yang bersisisan dengan hutan hijau dapat menggunakan wahana perahu air. Sementara untuk menuju jembatan waduk Pejengkolan dan Jembatan gantung anda sama sekali tidak dikenakan biaya. Namun letak kedua objek ini agak jauh dari kawasan utama telaga. Jembatan Waduk Pejengkolan terletak di sisi kanan pintu masuk sementara Jembatan Gantung terletak di sebelah kiri pintu masuk. Sebenarnya anda dapat menikmati kedua objek ini tanpa repot-repot menuju lokasinya langsung dengan menggunakan perahu mesin, namun tentu akan dikenai biaya tambahan jika anda meminta mengunjungi kedua jembatan ini karena lokasinya yang memang cukup jauh dari dermaga tempat perahu mesin bersandar. Namun kedua jembatan ini tidak kalah menariknya, Jembatan Pejengkolan merupakan jembatan permanen dari beton dan sudah beraspal dengan panjang kurang lebih 500 meter, sementara Jembatan Gantung merupakan jembatan semi permanen dengan bangunan beton besi di kedua ujungnya dan jembatannya itu sendiri terbuat dari papan kayu yang digantung.


Selain menawarkan pemandangan telaga hijau yang luas, di kawasan JWA ini juga menawarkan berbagai wahana untuk belajar atau permainan anak-anak seperti Jembangan Fantasy Zoo, Wahana permainan anak dan Perahu air.
Jembangan Fantasy Zoo merupakan wahana belajar satwa bagi anak. Di wahana ini tersedia berbagai satwa yang sengaja didatangkan dari Kabupaten seperti aneka burung, gajah, kera dan lain sebagainya. Kebanyakan yang mengunjungi wahana ini merupakan siswa-siswi pelajar tingkat sekolah dasar yang datang berombongan didampingi oleh guru-guru mereka. Tiket masuk menuju wahana ini Rp 5000/orang.
Wahana permainan anak yang tersedia layaknya wahana permainan untuk anak-anak pada umumnya seperti perosotan,ayunan, wahana putaran untuk anak dan lain sebagainya. Tiket masuk wahana ini berkisar Rp 3000-5000/orang. 


Perahu air ini dinikmati pengunjung untuk berkeliling menyusuri luasnya telaga Jembangan. Jenis perahu air ini terdiri dari dua macam yaitu  perahu air unitkecil menggunakan tenaga manusia yaitu dengan gowes layaknya sepeda, dan perahu air unit besar berbentuk naga yang menggunakan tenaga mesin untuk mengoperasikannya. Perahu unit kecil disewakan dengan harga per unit Rp 15.000 untuk kapasitas dua orang/30 menit. Sementara Perahu unit besar disewakan dengan harga Rp 15.000/orang. Perahu unit besar ini enak dinikamti jika anda datang secara berombongan.


*)Jika Ada tulisan yang tidak berkenan /kurang dalam penyampaian mohon maaf dan mohon dikoreksi
Terima Kasih.
 *)Penulis: Eko ipunk Cahpencil
*)Sumber Tulisan: Pribadi dan website Dinas Pariwisata Kab.Kebumen
*)Gambar: Browsing Google & Map by Google MAP


Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Jembangan Wisata Alam"

KOmentare endi pada yuuuhhh.... :)

Silahkah Berkomentar dengan sopan,No Politik & SARA(*Seks,Agama,RAs) dan dilarang komentar yang memancing keributan.Kami sangat menghargai Komentar yang mengandung kritik membangun untuk KEPARAT lebih baik.Terima Kasih