Goa Jatijajar

Goa Jatijajar - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Goa Jatijajar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wisata Kebumen, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Goa Jatijajar
link : Goa Jatijajar

Baca juga


Goa Jatijajar


By:Pemkab Kebumen
Salam Keparat, Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya Kabupaten Kebumen memiliki beranekaragam wisata alam yang memukau,kali ini kami akan berbagi kepada dunia dan kepada anda para pembaca situs ini wisata kabupaten Kebumen yang bagi saya pribadi(red/penulis) memiliki daya pikat dari sisi cerita/history/legenda masyarakat,jika anda adalah seorang yang menyukai cerita kolosal wisata yang satu ini kami yakin sangat memikat,yuk langsung saja ke ulasan Goa Jatijajar.

Dibentuk alam selama ribuan tahun,muncullah sebuah karya nan indah yang menawarkan nuansa lain. Tempatberpetualang di perut bumi, namun santai dan menyenangkan yang terletak 21kilometer ke arah selatan Gombong, atau 42 kilometer arah barat Kebumen.

Gua Jatijajar berada di kakipegunungan kapur. Objek wisata ini
sungguh sangat menarik. Pegunungan kapur inimemanjang dari utara dan ujungnya di selatan menjorok ke laut berupa sebuahtanjung.
Sebagaimana umumnya objek wisatalain di Indonesia, yang hampir selalu menyimpan legenda, Gua Jatijajarpun takterkecuali. Kata yang punya cerita, Gua Jatjajar ini pada zaman dahulu merupakan tempat bersemedi Raden Kamandaka, yang kemudian mendapat wangsit.Cerita Raden Kamandaka ini kemudian dikenal dengan legenda Lutung Kasarung.Visualisasi dari legenda tersebut dapat kita lihat dalam diorama yang ada didalam goa itu.
By: Google Pict
Masuk ke dalam gua ini,bagaimanapun ada rasa degdegan. Betapa tidak! Karena merasa seperti masuk kedalam mulut binatang purba Dinosaurus. Tambah ngeri lagi jika membayangkangelapnya suasana di dalam perut dinosaurus tersebut. Namun rasa cemas itusegera sirna, sebab ruangan diterangi oleh lampu listrik dari ujung ke ujung.Meski mulut gua cukup lebar, namun ruang perut dinosaurus lebih lebar lagi.Pada langit-langit terdapat sebuah lubang sebagai ventilasi. Di tengah-tengahterdapat kursi melingkar tempat duduk pengunjung sambil menikmati indahnyaornamen stalagtit dan stalagnit serta diorama legenda Lutung Kasarung.
Setelah puas menyaksikan sajianini, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni tangga menuju ruang yang merupakanbagian ekor dari dinosaurus tersebut. Di dalam ruang ini, Anda dapat melihatsumber mata air yang disebut Sendang. Jumlah sendang tersebut ada 4 buah, yaituSendang Mawar, Kantil, Jombor dan Puserbumi. Sendang Mawar dipercayai mempunyaikekuatan gaib yang bisa membuat seseorang tetap awet muda, karenanya setiappengunjung selalu menyempatkan diri untuk membasuh muka dengan air SendangMawar tersebut.

Dipenuhi oleh rasa kagum dan terpesona, tanpa terasa Anda telah menempuh jarak 250 meter menyusuri perutdinosaurus. Fantastis bukan? Dan itulah kenyataannya. Bukan itu saja, bahkantanpa Anda sadari, Anda telah masuk ke perut bumi sedalam 40 meter. Benar-benarsuatu petualangan yang santai yang hanya bisa dicicipi di Taman Wisata GuaJatijajar.

Terletak 21 Km sebelah barat dayaKecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalamgoa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda Lutung Kasarung. Panjanggoa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goalainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera.Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasaratransportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif. PatungDinosaurus yang seolah memuntahkan air dalam lokasi wisata ini sebenarnya merupakan muara dari mata air dari dalam Goa Jatijajar yang tiada pernah berhenti walau musim kemarau sekalipun.

By:Google Pict
Obyek wisata Goa Jatijajardilengkapi taman yang asri yang dilengkapi dengan taman bermain. Taman inidiberi nama Pulau Kera, karena di taman ini terdapat banyak patung kera. Digerbang mulut Goa Jatijajar, terdapat lobang di antara stalagnit, sehingga bilacahaya matahari masuk terlihat sangat indah. Goa Jatijajar merupakan bukti darilegenda Kamandaka (Lutung Kasarung), di mana kisah ini secara tersiratdikisahkan melalui patung-patung yang ada di dalam Goa Jatijajar. Di dalam Goa Jatijajar terdapat sebuah mata air (sendang) yang konon kabarnya akan membuatawet muda bagi yang mencuci muka di sana.
Di samping Goa Jatijajar, masihterdapat goa yang lain seperti Goa Dempok ini. Stalagtit yang terdapat di dalam Goa Dempok terbentuk secara alami selama ratusan atau bahkan ribuan tahun yanglalu. Hingga kini masih terjaga keasliannya. Goa Intan berada satu lokasidengan obyek wisata Goa Jatijajar. Goa ini memiliki keunikan tersendiri denganlangit goa yang relatif tidak terlalu tinggi.

Anda tertarik untuk mengunjungi wisata Goa Jatijajar,bawa keluarga anda datanglah ke Kabupaten Kebumen,kami akan menyambut anda dengan banyak senyum...Terima kasih..

*)Sumber: Pemkab Kebumen
--------------------------------