Custom Search

Waduk Sempor


By:Google Picture
Salam keparat... kali ini kami akan mengulas kembali potensi wisata Kabupaten Kebumen salah satunya adalah waduk,perlu diketahui Kabupaten Kebumen memiliki beberapa potensi wisata berorientasi wisata waduk,ada waduk Wadaslintang ada waduk Pejengkolan dan juga Waduk Sempor,kali ini kami akan membahas tentang Waduk Sempor,Saya yakin Keparaters yang berasal dari Sempor banyak...langsung saja...

Terletak di Desa Sempor Kecamatan Sempor, tepatnya 7 Km sebelah utara kota Gombong. Waduk Sempor merupakan bendungan aliran air sungai Cincingguling yang mengalir dari kaki pegunungan serayu selatan dan bermuara di samudera Indonesia. Awal pembentukan bendungan Sempor adalah untuk menahan air yang datang dari arah timur dan utara yang merupakan daerah perbukitan agar di bagian barat dan selatan tidak terkena banjir bila musim hujan karena merupakan daerah rendah.
Waduk yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1978, sebetulnya waduk tersebut memiliki sejarah panjang dan mulai dibangun sejak 1968. Bahkan,
awal pembangunan menelan korban jiwa ratusan warga Sempor akibat waduk itu jebol.
By:Google Picture
Waduk Sempor mempunyai multi fungsi selain wisata, manfaat Waduk ini juga merupakan sumber untuk penyediaan air baku PDAM, karamba ikan, irigasi persawahan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), transportasi dan sumber penghasilan bagi warga sekitar dengan pancing, jala, jaring hingga para pemilik perahu transportasi. waduk ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai obyek wisata. Selain daya tarik alamnya yang begitu besar, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, antara lain wisma-wisma penginapan yang bisa disewa secara perorangan maupun rombongan. Selain sebagai obyek berwisata, tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk seminar, rapat keja dan kegiatan lainnya, karena selain tempatnya tenang, juga memiliki sarana yang memadai untuk kegiatan tersebut.
Obyek Wisata Sempor bisa kita nikmati dari dua arah. Arah yang pertama yaitu setelah pintu gerbang yang dijaga oleh petugas penarik retribusi, pada simpang tiga yang jaraknya beberapa ratus meter dari pintu gerbang. Sedangkan arah yang kedua, pada simpang tiga tadi belok kekiri.
Bila kita ambil arah yang pertama kita bisa menikmati keindahan waduk dari dekat. Dengan menyusuri jalan beraspal diatas bendungan, akan sampai di dermaga perahu. Kita bisa menikmati indahnya panorama waduk sambil berkeliling naik perahu motor yang disewakan. Selain itu juga bisa untuk memancing, atau berkeliling waduk menikmati Taman Dirgantara yang memajang aneka pesawat terbang tiruan serta permainan anak-anak.
Apabila kita mengambil arah yang kedua kita di suguhi pemandangan yang tidak kalah menarik . Selain jalannya berkelok-kelok dan menanjak, kita bisa menikmati saluran irigasi yng lebar menyerupai sungai. Di tempat inilah kompleks perkantoran milik instansi pengelola waduk lengkap dengan perumahan yang kadang dipakai sebagai penginapan bagi pengunjung. Tersedia juga Lapangan Pancasila dan di lengkapi Aula untuk pertemuan.
Apabila kita melihat ke arah selatan tepatnya di komplek penginapan terdapat gugusan bukit yang namanya mengambil dari tokoh pewayangan pandawa lima. Konon di beberapa puncak bukit itu, terdapat pula makam yang dikeramatkan dan dikunjungi peziarah. Selain itu, bila kita tak segan untuk sering bertanya kepada warga sekitarnya, berbagai cerita menarik yang berkaitan dengan bukit-bukit itu akan kita dapatkan. Hal itu tentu saja melengkapi arti kunjungan kita ke obyek wisata ini.
Bila anda yang berwisata ke tempat ini dan kebetulan tidak membawa bekal makanan atau bingung mencari penginapan, jangan kuatir di lokasi ini tersedia jajanan yang di jamin sesuai ukuran kantong kita. Begitu pula dengan penginapan di sini banyak pilihan penginapan sesuai ukuran kemampuan kita.
Kalau hanya membaca tulisan ini, saya jamin Anda tidak akan puas, akan lebih baik cobalah Lihat seberapa besar daya pikat Waduk Sempor? Jika anda adalah orang yang belum pernah mengunjungi anda pasti menyesal..

NB:
Sumber: Pemkab Kebumen
              Wisata Kebumen dan blogger traveller


*)Jika ada yang kurang dalam penyampaian kami mohon maaf,sekiranya pembaca/keparaters dapat mengoreksi,silahkan berkomentar dengan sopan...Terima Kasih
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Waduk Sempor"

Silahkah Berkomentar dengan sopan,No Politik & SARA(*Seks,Agama,RAs) dan dilarang komentar yang memancing keributan.Kami sangat menghargai Komentar yang mengandung kritik membangun untuk KEPARAT lebih baik.Terima Kasih