Custom Search

GOA PETRUK

Foto by:Google
Gua Petruk merupakan salah Obyek wisata di KabupatenKebumen. Obwis (obyek dan Pantai Logending, dimana lokasinya berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5km dari Jatijajar menuju ke arah selatan.

Mendengar nama Petruk, orang tentuakan teringat nama Ponokawan anak Ki Semar yang berbadan tinggi, namunhidungnya sangat mancung. Konon, dalam cerita pewayangan, Petruk ini anak darilelembut Banaspati yang kemudian diambil anak oleh Ki Semar dan Petruk inidikenal mempunyai banyak akal. Sayangnya orang telah banyak mendengar GoaPetruk, tetapi masih enggan untuk mengunjungi obwis tersebut. Cukup beralasanbarang kali, memang karena untuk masuk Goa Petruk ini diperlukan persiapan yangcukup. Lagi pula, percuma kalau datang ke Goa Petruk ini hanya mengintip darimulut Goa Petruk ini hanya mengintip dari mulut Goa yang menganga cukup lebar.Perlu diketahui, bahwa di dalam Goa yang mungkin terlihat cukup menakutkan,karena tak ada pijaran atau nyala lampu seperti di Goa Jatijajar, atau Goa lain yang ada di Indonesia. Namun Goa Petruk ini menurut catatan Doktor Koo
, seorang pakar Goa dari luar negeri mengatakan, bahwa Goa Petruk ini merupakan Goaterindah di seantero Nusantara. Untuk itu, pakar Goa ini meminta pada PemdaKebumen, agar Gua tersebut tetap dijaga kealamiannnya. Bahkan, untuk diterangidengan listrik, juga tak diperkenankan.

Namun pengunjung jangan khawatir, disini tersedia Guide atau pemandu yang selalu siap mengantar disertai dengan peralatan lampu yang memadai. Tiga Goa-Goa Petruk ini sebetulnya terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama atau di lantai I hanya terdapat kelelawar dengan bau kurang sedap dan beterbangan ke sana kemari. Sedang untuk Goa kedua dalam lokasi tersebut diberi nama Goa Semar. Dalam Goa inilah kita akan disuguhi dengan pemandangan dari bebatuan yang cukup indah dan mempesona. Bahkan ada yang mengatakan, masuk Gua Petruk laksana melihat alam yang tiada taranya karena terdapat batu stalaktit dan stalagmit yang mempesona dan menyerupaiberbagai bentuk. Sedangkan gua yang terakhir, disebut Goa Petruk, karena dalam Goa tersebutlah sebetulnya terdapat batu yang mempunyai ujud seperti hidungnya Petruk. Sayang, karena ulah Belanda yang waktu itu melakukan penambangan phosfat, hidung Petruk yang merupakan Logo dari Goa tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi. Tapi bukan itu sebetulnya yang ditawarkan oleh goa tersebut, di mana keindahan goa tersebut bukan dari hidung Petruk yang sangat mancung, tetapi panoramanya yang memang cukup indah. Untuk itu tidak ada salahnya kalau wisatawan bahkan memerlukan waktu berjam-jam berada di GoaPetruk ini.

Sumber: Pemkab Kebumen
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "GOA PETRUK"

duh, hidung~ :D

pengen euy coba masuk ke gua~

seruu bangeet looh..cobain ajaaa...

Silahkah Berkomentar dengan sopan,No Politik & SARA(*Seks,Agama,RAs) dan dilarang komentar yang memancing keributan.Kami sangat menghargai Komentar yang mengandung kritik membangun untuk KEPARAT lebih baik.Terima Kasih