Custom Search

AGENDA BERJALAN Kebumen Punya Anak Rantau

1.     SILATURAHMI RUTIN (KOPDAR)
               Silaturahmi rutin atau pertemuan rutin yang biasa disebut kopi darat atau kopdar,bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan menambah jalinan persaudaraan serta menjalankan agenda ataupun program yang berjalan di Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*). Yang pelaksanaanya 1 kali dalam sebulan disetiap korwil (Koordinator Wilayah) dantidak mewajibkan untuk kehadiranya dengan tetap mengutamakan AGAMA,KELUARGA DAN PEKERJAAN..Kopdar selain bertujuan untuk menjalankan agenda dan program juga berfungsi untuk melatih diri ataupun meningkatkan keberanian dalam mengeluarkan pendapat atau gagasan yang bermanfaat untuk kemajuan diri ataupun kemajuan organisasi. Di dalamkopdar tersebut terencana kegiatan yang bersifat positif dan didukung peraturan yang disepakati dan dijalankan bersama untuk tetap menjaga diri ataupun lingkungan dari kegiatan atau hal hal negatif dan dilarang.
    Kegiatan kopdar yang memanfaatkan hari libur dan tidak mewajibkan, juga berpotensi menarik minat kemudian menghadirkan orang orang baru yang akan ikut berpartisipasi dalam menjalankan visi dan misi sehingga mengasilkan lingkaran persaudaraan yang meluas dan berkembang.
    Selain tujuan tersebut di atas,kegiatan kopdar juga sebagai sarana informasi,bertukan fikiran dan berbagi pengalaman yang berguna untuk menjadikan diri kita lebih baik dalam hidup bermasyarakat di Perantauan. Sehingga dengan adanya kopdar,berjalanya organisasi lebih terjagadan berkelanjutan.Dalam mengahadiri kopdar tidak diwajibkan untuk menggunakan atribut ataupun mewajibkan untuk membayar uang kas.tetapi hanya mengisi daftar kehadiran sebagai pendataan partisipasi kegiatan.   

2.   KEPARAT REMBUGAN (KEREM)
        Keparat rembugan atau biasa kami menyebutnya Kerem,yaitu
kegiatan pertemuan yang bertujuan untuk bermusyawarah untuk menyelesaikan atau membahas permasalahan yang berhubungan dengan Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) untuk kemajuan kedepanya.Selain kegiatan rembugan atau musyawarah juga membahas tentang permaslahan yang terjadi pada anggota untuk mencari solusi dan jalan keluar dengan berfikir bersama sama agarmenciptakan solusi yang terbaik dan sebagai pembelajaran kita untuk saling membantu dan mengenal secara dekat dan lebih akrab.
         Untuk menghindari dari kegiatan negatife dalam menentukan solusi atau kesimpulan dari setiap rembugan ataumusyawarah,pihak pengurus ikut serta dalam kegiatan tersebut guna tetap mengawasi jalanya musyawarah agar menghasilkan keputusan yang diharapkan.

 3.   KEPARAT ARISAN (KEPARIS)
        Kegiatan Arisan adalah kegiatan yang sring kita jumpai pada masyarakat umum yang bertujuan  menjalin tali silaturahmi baik itu di keluarga,dengan tetangga ataupun dengan partner yang lainya.Begitupun di dalam Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*),kegiatan arisan tersebut berjalan dikorwil korwil tiap daerah dengan pendataan dan penanggung jawab yang bisa dipercaya sesuai dengan bagianya. Sistem Keparis tidak berbeda dengan arisan pada umumnya yaitu melakukan pendaftaran peserta dengan pendataan biodata yg akurat dan menentukan jumlah nominal arisan sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan bersama;
    - Adapun syarat untuk mengikuti peserta arisan adalah sbb;

a. Warga Kebumen/Pendatang/Keturunan (Dibuktikan dengan Kartu identitas)
b. Mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan
c. Membayar uang arisan dengan jumlah nominal dan waktu yang telah disepakati
d. Bersedia mengikuti semua aturan yang berlaku di agenda Keparis
e. Mengerti tentang Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*)
f. Bersedia mengikuti semua aturan yang berlaku di Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau)
        Keparis (Keparat Arisan) sudah berjalan bersamaan dengan berdirinya organisasi dan telah dijalankan oleh semua korwil keparat dan berjalan dengan perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat dibuktikan dengan peserta yang semakin bertambah di tiap tiap korwil.

4.   KEPARAT NYELENGI (KENYEL)
        Keparat Nyelengi atau Keparat Menabung adalah agenda yang bertujuan untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit rizki kita yang nantinya akan dicairkan 100% ketikamendekati lebaran ( H-10) untuk bekal kita ketika pulang kampung dan membantumengatur keuangan untuk anggota dan membudayakan untuk hidup hemat. Agenda Kenyel telah mendapat dukungan positif dari hamper semua korwil di keparat karena jumlah nomilan tidak ada batas minimum dan maksimum. Akan sangat terasa manfaatnya untuk anggota yang mengikuti.
        Sedangkan untuk pelaksanaanya tidak sulit ataupun dalam pencaiaranya juga tidak memerlukan data data yang rumit,karena kita berprinsip pada silaturahmi dan kepercayaan dan didasari dengan kesungguhan serta tanggung jawab dari seluruh peserta. Untuk mengikuti keagendaan ini antara lain dengan syarat ;

a. Anggota Keparat Aktif
b. Mengisi formulir pendataan disertakanfc kartu identitas
c. Menyetujui ketentuan agenda yaitutentang pencairan dan cara menabung

5.   BAKSOS KEANGGOTAAN
        Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos (Penggalangan dana sukarela) merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antar sesama manusia. Bakti sosial merupakan suatu kegiatan di mana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita (Persaudaraan).
         Bakti sosial diadakan dengan tujuan tujuan tertentu.Bakti sosial sesama warga perantau Kebumen (Keparat) adalahuntuk mewujudkan rasa cinta kasih,rasa saling menolong,rasa saling pedulikepada anggota ataupun seluruh masyarakat khususnya warga Kebumen yang sedang membutuhkan uluran tangan kita semua.
       a. Tujuan Baksos
          - Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan sarana aktualisasi diri perantau Kebumen (Keparat) untuk membantu sesama. Sebagai sesama umat Tuhan YME seharusnya kita saling membantu dengan sesama. Jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan,hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkan.Disamping itu semua,kita bisa menggali rasa kepedulian kita dengan sesama.
           - Memberi motifasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan.Dengan kita memberikan bakti sosial berupa ilmu ataupun wawasan yang penting bagi kehidupan seharin hari (Penyuluhan,Himbauan dll) maka itu bisamemberikan ilmu/sesuatu yang penting untuk mengupgrade wawasan pengetahuan mereka.Dengan begitu mereka akan sadar pentingnya ilmu pengetahuan.
           - Mempererat hubungan kekeluargaan antara insan Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau) dengan masyarakat.Dengan kita berinteraksi kepada masyarakat (misalnya kegiatan donordarah) maka kita akan saling kenal dan lebih akrab dengan mereka yang berpartisipasi baik dr dalam ataupun dari luar organisasi.Sehingga menumbuh kanrasa kekeluargaan dengan masyarakat yang meluas.Secara tidak langsung,padadasarnya kita semua membutuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat karena kita hidup berdampingan denga sekitar dan pasti akan membutuhkan pertolongan mereka sewaktu waktu
         b. Bentuk Baksos
 Baktisosial merupakan kesadaran kita dalam bentuk kepedulian kepada pihak sosial atau dalam hal ini adalah masyarakat terutama yang sedang membutuhkan uluran bantuan kita.Kegiatan baksos bisa berbentuk uang tunai,sembako,donor danah,pengobatan dll.Sebagai insan Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*) yang sadar tentang Visi dan Misi dan salah satunya adalah sebagai pengabdian masyarakat.
         c. Manfaat Baksos
             c.1. Untuk masyarakat
                 - Sebagai Subyek,diharapkan memiliki rasa persaudaraan yang berkelanjutan
                 - Sebagai obyek,masyarakat akan mendapatkan sedikit keringanan beban atau   setidaknya terbantu                    secara langsung
            c.2. Untuk Anggota
                 - Sebagai Subyek,anggota mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk                              kepentingan masyarakat secara langsung.
                 - Sebagai Obyek,bakti sosial merupakan sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi anggota                        dengan terjun langsung ke masyarakat.
         d. Pelaku Baksos
               Mereka-mereka yang merasa peduli dan mampu untuk melakukan bakti sosial adalah  subjek yang menjadi pelaku baksos.
Karena tidak semua orang mau untuk melakukan bakti sosial dengan berbagai alasan, maka kita seharusnya bisa menumbuhkan rasa mau melakukan bakti sosial Anggota kepada masyarakat.
Untuk menumbuhkan rasa itu kepada anggota tidak lah mudah, dibutuhkan suatu kemauan dasar dari diri anggota itu sendiri disamping adanya faktor pendukung dari lingkungan. (seng arep aweh yo monggo, seng ora yo ora opo2,kita mengajak seng apik2.. nek gelem)

         e. PelaksanaanBaksos

Sesuai kesepakatan keparat mengenai baksos pada 21 april 2012 yaitu keparat akan melaksanakan baksos keanggotaan kepada anggota yang terkena musibah/ rawat inap.Pengurus menerimainfo jika ada anggota yang terkena musibah kemudian menentukan koordinator sesuai dengan korwil domisili anggota yang terkena musibah dengan ketentuan tersebut(Rawat inap) dan  akan mencairkan danakas korwil senilai Rp.100.000,- (sesuai kesepakatan bersama). Sedangkan kolektif sukarela bisa di laksanakan di kopdaran korwil manapun atau juga bisa dilaksanakan penggalangan dana suka rela pada saat menjenguk.

6.    KEPARAT RELIGI (KEREL)
       Keparat Religi atau Kerel,adalah memanfaatkan waktu luang dihari libur untuk mengisi kegiatan keagamaan seperti pengajian atau belajar ilmu tentang keagamaan Untuk meningkatkan dan menjadikan kita pribadi yang beriman dan berakhlak mulia.
         Manfaat Kerel ;
   1.      Meningkatkan keimanan anggota
   2.      Menjalin dan mempertahankan tali silaturahmi antar sesama
   3.      Sebagai media untuk belajar keagamaan di perantauan
   4.      Melatih diri untuk hidup yang lebih bermanfaat dalam
 Syarat menjalankan Kerel (Untukkorwil)
   1.      Mempersiapkan tempat
   2.      Menentukan Pembimbing atauKoordinator
   3.      Mendata Peserta atau Kebutuhan lain2
 Bentuk Kerel tidak terbatas atau tidak terikat jenisnya,Kerel umum dalam KEPARAT yang sering dijalankan adalah Tahlil bersama,Yasinan,Santunan,Pengajian DLL
 
 7.   KEPARAT BIKERS (KB)
       Keparat Bikers adalah keagendaan di Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau) yang mempunyai hobi bersosialisasi antar komunitas atau club,dimana Keparat Bikers di dalam Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*) bertugas member arahan,penyuluhan (safety ridyng) serta mengawal perjalanan anggota ketika akan menghadiri kegiatan agartetap menjaga peraturan dan ketertiban umum baik di jalan ataupun di tempatlainya.Selain hal tersebut,Keparat Bikers juga bertugas memperkenalkan Keparat dan Kebumen ke dunia luar seperti membantu pengiklanan Pariwisata,Kebudayaan dll kepada rekan rekan dari luar Kebumen.

       Manfaat Keparat Bikers
   1.  Sebagai media bertukar informasi seputar lalu lintas
   2.  Melatih kedisiplinan dalam berkendara
   3.  Melatih rasa solidaritas yang tinggi sesama pengendara
   4.  Rasa Persaudaraan antar perantauan yang melekat
 Syarat Masuk Anggota Keparat Bikers
   1.  Anggota Keparat
   2.  Bersedia Aktif dalam Agenda Keparat Bikers
   3.  Tidak Double Club
   4.  Hafal dan Menjlankan Visi Misi
   5.  Mempunyai kendaraan dengan kelengkapanya (Minimal Standar Pabrik)
   6.  Menyerahkan FC  kelengkapan dokumen berkendara
   7.  Sanggup menjalankan Peraturan umum
   8.  Sanggup menjalankan peraturan yang berlaku di Keparat Bikers.

8.   KEPARAT OLAH RAGA                            
          Keparat Olahraga merupakan  agenda untuk anggota yang mempunyai hobi dalam jenis Kesehatan Jasmani.Selaian bermanfaat untuk kesehatan tubuh,dalam keagendaan ini juga menyelenggarakan turnamen olah raga dalam korwil,antar korwil ataupun di luar korwil.

         Manfaat Keparat Olah raga
1.      Kesehatan Jasmanidan Rokhani
2.      Meningkatkan solidaritas sesama anggota dan luar anggota
3.      Menjaga Ikatan silaturahmi yang berkelanjutan
4.      Meningkatkan Minatdan bakat

Jenis Olah Raga yang sudah berjalan hampir di Semua Korwil Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*) antara lain ;

       a.     KFC (KeparatFootball Club)
Berawal dari kesamaan hoby  sepak bola,dan mengikuti tournamen antar komunitas sebagai perwakilan dari Keparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*) dan mendapat gelar juara,kemudian menarik minat dari anggota di setiap korwilsehingga dibentuk keagendaan KFC disetiap Korwil serta mendapat respon positif dan berkembang sampai saat ini.
Syarat Mengikuti KFC tidaklah sulit,melainkan hanya mengikuti waktu dan jadwal kegiatan yang sudah disepakati di masing masing korwil tersebut. Untuk keadministrasian menggunakan sistem patungan setiap akan melaksanakan latihan dan hasil patungan tersebut digunakanuntuk opperasional pada waktu kegiatan latihan tersebut kemudian 10 % masukdalam uang kas yang nantinya akan digunakan ketika mengikuti turnamen di luar organisasi.

       b.     PBK (Persatuan BuluTangkis Keparat)                                         

Digagas pertama kali oleh Korwil Bogor dan dan telah berjalan seperti keagendaan lainya.Sistem pendanaanya juga menggunakan sistem pendanaan patungan dan pengumpulan kas ketika akan melaksanakan kegiatan.

9.   KEPARAT TOUR       
         Keparat Tour Pertama kali dijalankan oleh korwil Bekasi Barat (Harapan Indah) dengan tujuan Pantai Anyer dan berkelanjutan melaksanakanya. Keparat Tour saat ini diadakan 2kali dalam 1 tahun. Isi kegiatan dalam Keparat Tour adalah kegiatan sosial,Peduli kebersihan,serta game game yang bermanfaat untuk refreshing setelah melakukan kegiatan rutinitas (Bekerja).

             Tujuan KeparatTour;
    1.      Menjalin Talisilaturahmi Dengan dunia luar
    2.      Meningkatkan rasa kebersamaan
    3.      Mengisi Liburan dengan suasana Alam
    4.      Meningkatkan kepedulian terhadap Alam sekitar

10.   KEPARAT MENGEMBARA(KEMENG)                              
             Keparat mengembara adalah agenda untuk menyalurkan anggota yang mempunyai hoby travelling (Mendaki),baikkegiatan di dalam organisasi ataupun di luar organisasi tujuan dasarmengembangkan hobi dan menjalin ikatan silaturahmi dengan sesama hoby untukmengenali lebih dalam tentang Wisata Alam. Tidak ada syarat khusus dalam keagendaan ini,hanya mengikuti aturan dan kesepakatan yang telah disepakati bersama dalam kegiatan tersebut.
 
11.   KEPARAT KOPERASI                     
        
      Keparat Koperasi adalah sebuah agenda diKeparat (*Kebumen Punya Anak Rantau*) yang berfungsi sebagai pengelola dan penyedia kebutuhan Korwil.Menggunakan sitem perkoperasian yang berlaku sehingga terkoordinasi dan bermanagemen. Keparat Koperasi mempunyai peranan yang vital untuk berjalanya organisasi dan merupakan agenda satu satunya yang mengurusi semua jenis atribut.
        Tujuan Dibentuknya Koperasi Keparat;
1.      Mensejahterakan Anggota
2.      Menampung dan Mengembangkan kerajinan/kreatif anggota
3.      Mengurusi Pengadaan Atribut Seluruh Korwil
4.      Membantu Pemasaran kerajinan lokal dari Kebumen
5.      Mengiklankan Nama organisasi dalam setiap produk
6.      Menjaga Peredaran dan Produksi Atribut

Syarat Menjadi Anggota Koperasi
1.      AnggotaKeparat/Warga Kebumen
2.      Mengisi dan Melengkapi pendataan yang dibutuhkan
3.      Menyetujui dan Menjalankan AD ART
4.      Sanggup Menjalankan kewajiban yang disetujui

12. KEPARAT TELEK/JENGUK (KETEL)
      Sebagai bentuk solidaritas dan rasa peduli terhadap sesama khususnya Partisipan Keparat,Warga Kebumen Perantauan dan semua insan yang berada di lingkaran silaturahmi Keparat. Dengan adanya agenda Menjenguk teman kita yang sedang terkena musibah,hubungan persahabatan akan semakin dekat dan semakin kuat dengan keikhlasan dan kesadaran bahwa ketika merantau jauh dari keluarga,orang yang paling dekat adalah sahabat dan dengan agenda ini diharapkan seluruh insan yang aktif dapat  meningkatkan dan menguatkan ikatan persaudaraan SEKARANG,ESOK dan MASA DEPAN.


Salam K E P A R A T.... Yaaaaa
by.ALL Admin dan Pengurus

Share this article :
+
Previous
Next Post »