Custom Search

Jembangan Wisata Alam (JWA)


 




Jembangan Wisata Alam (JWA). Lokasi Jembangan Wisata Alam (JWA) ini terletak di desa Jembangan, kecamatan Poncowarno, kabupaten Kebumen. Kecamatan Poncowarno ini merupakan Kecamatan di sebelah timur utara dari kabupaten Kebumen yang terletak pada dataran tinggi, dengan jarak kurang lebih 20 km dari kota Kebumen. Sarana jalan menujulokasi wisata Jembangan Kebumen ini sudah sangat mendukung yaitu jalan perbukitan di wilayah  timur laut Kebumen yang beraspal hitam kuat, dengan jalan berkelok-kelok mengikuti topografi yang ada.
Kawasan objek wisata Jembangan menawarkan pemandangan telaga hijau yang indah dengan hutan hijau yang mengelilingi, dimana pada bagian ujung telaga Jembangan ini dimanfaatkan sebagai bendungan air yaitu Bendungan Pejengkolan, terusan pintu air bagian timur dari waduk Wadaslintang yang berada di kabupaten Kebumen. Untuk berkeliling menikmati telaga Jembangan yang bersisihan dengan hutan hijau dapat menggunakan sarana perahu air. Selain itu kita juga bisa melihat dua jembatan yang ada, yaitu jembatan Gantung dan jembatan waduk Pejengkolan. Letak kedua jembatan ini agak jauh dari kawasan utama telaga Jembangan. Jembatan Gantung terletak di sebelah kiri pintu masuk, sedangkan Jembatan Waduk Pejengkolan terletak di sisi kanan pintu masuk Jembangan. Apabila Anda ingin menikmati kedua objek jembatan ini, maka untuk menuju lokasinya langsung dengan menggunakan perahu mesin, namun tentu akan dikenai biaya tambahan, karena lokasinya yang memang cukup jauh dari dermaga tempat perahu mesin bersandar. Jembatan Gantungdi Jembangan adalah jembatan semi permanen dengan bangunan beton besi di kedua ujungnya dan jembatan ini terbuat dari papan kayu yang digantung. Sedangkan Jembatan Pejengkolan adalah jembatan permanen dari beton dan sudah beraspal dengan panjang kurang lebih 500 meter.
Obyek wisata yang ditawarkan di Jembangan Wisata Alam, antara lain :
– pemandangan telaga hijau Jembangan yang luas
– jembatan gantung dan jembatan Pejengkolan
– wahana untuk belajar atau permainan anak (perosotan, ayunan, putaran, dll)
– Jembangan Fantasy Zoo (kebun binatang Jembangan)
– wahana perahu air (perahu air unit kecil menggunakan tenaga manusia, dan perahu air berbentuk naga yang menggunakan mesin untuk menjalankannya). Perahu unit kecil disewakan dengan harga per unit Rp 15.000 untuk kapasitas 2 orang, sementara Perahu Naga disewakan dengan harga Rp 15.000/orang. Dengan lama penggunaan adalah 30 menit.

Retribusi atau karcis masuk ke Wisata Alam Jembangan adalah sebesar Rp 3.000,- per orang, dimana untuk menikmati fasilitas atau objek wisata yang lainnya, seperti kebun binatang, wahana mainan, naik perahu dan sebagainya akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan tarif masing-masing wahana tersebut. 

Sumber : http://wisatakebumenkab.blogspot.co.id/2015/03/jembangan-wisata-alam-jwa.html


Share this article :
+
Previous
Next Post »